SOAL KONTEKSTUAL (KEHIDUPAN SEHARI-HARI) BERKAITAN DENGAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU

NAMA: ALYSIA KHARLOTTA
KELAS: X IPS 2
NO. ABSEN: 03


SOAL KONTEKSTUAL (KEHIDUPAN SEHARI-HARI) BERKAITAN DENGAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU




1. Seorang anak yang memiliki tinggi badan 

155 cm (terukur sampai ke mata) berdiri pada jarak 12 m dari tiang bendera. Ia melihat puncak tiang bendera dengan sudut elevasi 45. Tinggi tiang bendera itu adalah 
A. 12,00 m                     D. 21,50 m
B. 12,55 m                     E. 27,50 m
C. 13,55 m

Pembahasan

Perhatikan sketsa gambar berikut.




Dengan menggunakan konsep tangen, diperoleh
tan45=BCACBC=AC×tan45BC=12×1=12
Tinggi tiang bendera (t) adalah jumlah dari panjang BC dengan tinggi anak itu (yang terukur sampai mata), yaitu t=12+1,55=13,55 m
Catatan: 155 cm = 1,55 m. 
Jadi, tinggi tiang bendera tersebut adalah 13,55 meter



(Jawaban C)




2. Seekor kelinci yang berada di lubang tanah tempat persembunyiannya melihat seekor elang yang sedang terbang dengan sudut 

60 (lihat gambar). Jika jarak antara kelinci dan elang adalah 18 meter, maka tinggi elang dari atas tanah adalah  meter.

A. 3                              D. 93
B. 33                            E. 123
C. 63

Pembahasan

Jika dilihat dari gambar, sisi depan sudut 60 ditanyakan panjangnya dan sisi miring segitiga (hipotenusa) diketahui panjangnya. Dengan demikian, perbandingan trigonometri yang dapat digunakan adalah sinus, yakni
sin60=x18123=x18x=18×123=93
Jadi, tinggi elang dari atas tanah adalah 93 meter.


(Jawaban D)





3. Perhatikan gambar di bawah ini.
Diketahui seseorang yang berada di atas mercusuar dengan tinggi 453 meter sedang mengamati sebuah objek di bawahnya dengan jarak antara objek dan mercusuar sejauh 135 meter. Sudut depresi yang terbentuk adalah 
A. 30                      C. 60               E. 180
B. 45                      D. 90      

Pembahasan

Perhatikan gambar berikut.



Besar ABC sama dengan sudut Î± karena saling berseberangan. Dengan menggunakan konsep tangen, diperoleh
tanα=453135=133α=30
Jadi, sudut depresi yang terbentuk adalah 30



(Jawaban A)





4. Seorang siswa akan mengukur tinggi pohon yang berjarak 

43 m dari dirinya. Antara mata dengan puncak pohon tersebut terbentuk sudut elevasi 30. Jika tinggi siswa tersebut terukur sampai mata adalah 1,6 m, berapakah tinggi pohon?

A. 6,5 meter                                            C. 5 meter                                          E. 5,6 meter

B. 4,6 meter                                            D. 7 meter

Pembahasan

Perhatikan sketsa gambar berikut.

Misalkan x adalah tinggi pohon terhitung dari titik yang setara dengan mata siswa itu. 
Dengan menggunakan konsep tangen, diperoleh
tan30=x43x=43×tan30=43×133=43×3=4 m
Tinggi pohon (t) didapat dari jumlah x dengan tinggi siswa (yang terhitung sampai mata), yaitu
t=4+1,6=5,6 m
Jadi, tinggi pohon tersebut adalah 

E.  




5. Sebuah kapal laut berlayar ke arah timur sejauh 

120 km, kemudian memutar kemudi pada jurusan 30 sejauh 100 km hingga berhenti. Jarak kapal dari mula-mula titik berlayar ke tempat pemberhentian adalah  meter.
A. 2550                       D. 2766
B. 2091                       E. 2470
C. 2466

Pembahasan

Perhatikan gambar berikut.

Misalkan titik A adalah titik mula-mula dan titik C merupakan titik pemberhentian kapal.

Perhatikan bahwa ABC=90+30=120
Karena diketahui sisi-sudut-sisi, maka untuk mencari jarak yang dimaksud, yakni panjang AC, dapat menggunakan Aturan Cosinus.
AC2=AB2+BC22ABBCcosABC=1202+10022120100cos120=14.400+10.0002120100(12)=24.400+12.000=36.400=100×4×91AC=100×4×91=10×2×91=2091Jadi, jarak kapal dari mula-mula titik berlayar ke tempat pemberhentian adalah 2091 meter.


(Jawaban B)




Sumber Blog:

Sukardi. 2019. Soal dan Pembahasan Aplikasi Trigonometrihttps://mathcyber1997.com/soal-dan-pembahasan-aplikasi-trigonometri/ (diakses tanggal 25 Januari 2021)




Comments

Popular posts from this blog

PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU

KOMPOSISI FUNGSI DAN INVERS FUNGSI