SOAL FUNGSI : LINEAR, KUADRAT, RASIONAL, IRASIONAL DAN GRAFIKNYA SERTA MEMBACA GRAFIKNYA
NAMA : ALYSIA KHARLOTTA
KELAS : X IPS 2
NO. ABSEN : 3
SOAL FUNGSI : LINEAR, KUADRAT, RASIONAL, IRASIONAL DAN GRAFIKNYA SERTA MEMBACA GRAFIKNYA
Fungsi Linear:
1. Jika f(2) sama dengan 7 dan f(5) sama dengan 16, maka persamaan fungsi liniernya adalah ... ?
A. f(x) = 3x + 1 C. f(x) = 4x - 1jawab:
f(x) = ax + b
f(2) = a(2) + b = 7 → 2a + b = 7
f(5) = a(5) + b = 16 → 5a + b = 16
----------------- -
-3a = - 9
a = -9/-3
a = 3
2a + b = 7
2(3) + b = 7
6 + b = 7
b = 7 - 6
b = 1
jadi persamaan fungsi liniernya adalah f(x) = 3x + 1 (A)
2. Umur pak Andi 28 tahun lebih tua dari umur Amira. Umur bu Andi 6 tahun lebih muda dari umur pak Andi. Jika jumlah umur pak Andi, bu Andi, dan Amira 119 tahun, maka jumlah umur Amira dan bu Andi adalah …. tahun
A. 86
B. 74
C. 68
D. 64
E. 58
Jawaban : C
Pembahasan :
Misalkan Umur Pak Andi=x, umur Amira=y dan umur Ibu Andi=z
x = 28 + y …(1)
z = x – 6; atau x=z+6 …(2)
x + y + z = 119 …(3)
dengan melakukan operasi penjumlahan (1) pada (2) didapatkan
2x = y + z + 34 atau 2x – y – z = 34 …(4)
Lakukan operasi penambahan (3) pada (4) atau
x + y + z = 119
2x – y – z = 34
3x =153
Atau
x = 51
Dengan melakukan substitusi x pada (1) dan (2) didapatkan
Y = 23; z = 45
Sehingga
jumlah umur Amira (y) dan bu Andi (z) adalah y + z = 23 + 45 = 68
3. Himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan
5x + y ≥ 10
2x + y ≤ 8
y ≥ 2
ditunjukkan oleh daerah . . .
A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V
Jawaban : C
Pembahasan :
- Terlihat pada gambar bahwa A adalah persamaan garis 5x + y = 10 titik potong dengan sumbu x jika y = 0
x = 2 → titik (2,0)
titk potong dengan sumbu y jika x = 0
y = 10 → titik (0,10)
daerah 5x + y ≥ 10 berada pada garis persamaan tersebut dan di atas garis (I, II,III, V) —(a)
- B adalah persamaan garis 2x + y = 8 titik potong dengan sumbu x jika y=0 x = 4 → (4,0)
titik potong dengan sumbu y jika x = 0 y = 8 → (0,8)
daerah 2x + y ≤ 8 berada pada garis persamaan tersebut dan di bawah garis (III, V) ….(b)
- C adalah garis y = 2
daerah di atas garis y = 2 adalah I, II, III, IV …(b)
dari (a) , (b) dan (c) :
- 1) I II III V
- 2) III V
- 3) I II III IV
Yang memenuhi ketiga-tiganya adalah daerah III
Jawaban : C
4. Himpunan penyelesaian pertidaksamaan- pertidaksamaan 2x+y≥ 4 ; 3x + 4y ≤ 12, x ≥ 0, y ≥ 0 dapat digambarkan dengan bagian bidang yang diarsir sebagai berikut :
Jawaban : E
Pembahasan :
2x + y ≥ 4 ;
2x + y = 4
titik potong dengan sumbu x , y = 0
x = 2 → (2,0)
titik potong dengan sumbu y, x = 0
y = 4 → (0,4)
3x + 4y ≤ 12
3x + 4y = 12
titik potong dengan sumbu x, y = 0
x = 4 → (4,0)
titik potong dengan sumbu y, x = 0
y=3 → (0,3)
Jawaban : E
5. Daerah yang diarsir merupakan himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear…
A. x + 2y ≤ 8, 3x + 2y ≤ 12, x ≥ 0, y ≥ 0
B. x + 2y ≥ 8, 3x + 2y ≥ 12, x ≥ 0, y ≥ 0
C. x – 2y ≥ 8, 3x – 2y ≤ 12, x ≥ 0, y ≥ 0
D. x + 2y ≤ 8, 3x – 2y ≥ 12, x ≥ 0, y ≥ 0
E. x + 2y ≤ 8, 3x + 2y ≥ 12, x ≥ 0, y ≥ 0
Jawaban : A
Pembahasan :
karena daerah arsiran dibawah persamaan garis maka
x + 2y ≤ 8 ….(2)
Arsiran di atas sumbu x dan di kanan sumbu y maka x ≥ 0 dan y≥ 0 ….(3) dan (4)
sehingga daerah penyelesaiannya adalah:
(1), (2), (3) dan (4)
3x + 2y ≤ 12, x + 2y ≤ 8 dan x≥ 0, y≥ 0
Jawaban : A
Fungsi Kuadrat:
⇔- x2 + 4x = 0
2. Diketahui parabola y = mx² - (m + 4)x - 1 dan garis lurus y = x - ½. Jika parabola dan garis lurus itu saling bersinggungan maka nilai m = .....
A. -2 atau 8
B. -4 atau 4
C. 2 atau -8
D. -2 atau -8
E. 2 atau 8
Subtitusikan persamaan garis ke persamaan parabola:
mx² - (m + 4)x - 1 = x - ½
mx² - (m + 4)x - 1 + ½ = 0
mx² - (m + 4)x - ½ = 0
Syarat bersinggungan, D = 0
b² - 4ac = 0
(m + 4)² - 4(m)(-½) = 0
m² + 8m + 16 + 2m = 0
m² + 10m + 16 = 0
(m + 2)(m + 8) = 0
m = -2 atau m = -8
(Jawaban: D)
B. a < 4
C. a ≤ 4
D. a > 4
E. a ≥ 4
(Jawaban: E)
B. (3 , -4)
C. (6 , 4)
D. (6 , -4)
E. (3, 6)
=
=
= 3
=
=
=
= -4
(Jawaban: B)
B. -8
C. 0
D. 8
E. 9
y = x2 - px + 7, maka a = 1, b = -p, c = 7
Karena absisnya = 4, maka:
⇔
⇔
⇔ p = 4 x 2
⇔ p = 8
Jadi, b = -p = -8
=
=
=
= 9
(Jawaban: A)
Comments
Post a Comment